Cara Tes Madu Asli Dengan Benar



Beberapa cara membedakan madu asli atau palsu di bawah ini adalah rumor salah kaprah yang terlanjur berkembang baik di masyarakat.

A.Tes madu asli dengan telur yang berubah setengah matang

Yaitu mencampur telur kedalam madu lalu dikocok. jika kuning telur berubah menjadi setengah matang maka dianggap madu asli. Yang sebenarnya terjadi adalah penggumpalan atau Koagulasi. Hal ini karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal, sehingga telur akan terlihat matang, yang sebenarnya ter-koagulasi.
Faktanya hal ini tidak sepenuhnya benar karena produsen madu palsu mengakali dengan menambahkan cuka pada madu sehingga tingkat keasamanya tinggi, hal ini yang menyebabkan kuning telur menjadi setengah matang.

B.Madu asli tidak dirubung semut

Ini adalah salah satu rumor yang sangat berkembang baik di masyarakat luas. Uji madu asli dirubung semut, ini jelas kesalahan fatal. Madu memiliki kandungan glukosa alam yang bagus, sehingga memiliki rasa yang manis, tentu saja hal ini disukai oleh semut. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel: Madu Asli Tidak Disemuti, Benarkah?

C.Madu Murni tidak membeku di dalam fresher

Caranya sangat mudah. Ketika anda mendapatkan madu anda seakan mengalami pembekuan di dalam kulkas/freezer anda, maka letakkan madu tersebut pada suhu ruangan (21 – 27 derajat) dalam beberapa jam. Madu yang tergranulasi tidak akan berubah sifatnya (tetap seperti membeku) walau didiamkan dalam beberapa minggu, dan kalau diaduk maka anda akan merasakan butiran-butiran kristal yang sangat halus. Akan tetapi madu palsu akan kembali mencair dalam beberapa jam, dan kalau anda aduk maka akan terasa bongkahan-bongkahan es didalamnya.

D.Uji madu dengan tes kertas Koran

Uji test dengan menyaring madu dengan koran, jika merembes palsu. Test ini kurang tepat, yang benar tes ini untuk menguji kadar air dalam madu. Madu mempunyai kadar air itu sudah pasti, banyak tidaknya kadar air pada madu asli tergantung asal madu, kalau dari timur tengah biasanya pekat karena suhunya panas, madu dari negara bersuhu dingin juga pasti kadar airnya tinggi. Apalagi bila pemanenan madu terjadi disaat musim hujan, tentu kadar air madu akan cukup tinggi.

E.Tes madu asli dengan Menggunakan Korek Api

Cara ini tidak 100% benar. Batang korek api yang dimasukkan ke dalam larutan madu beberapa lama. Sesudah itu kita ambil dan korek tersebut kita pantikkan dengan kotak korek. Kalau korek tersebut masih bisa menyala maka madu yang kita uji adalah asli. Cara ini sebenarnya hamper mirip dengan Uji madu dengan tes kertas Koran. Ini hanya tes kadar air dalam madu. Bila kadar air tinggi, otomatis korek akan susah menyala.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment